Mangga Indramayu Dihidangkan di Istana Kepresidenan Bogor

Bisnis & Ekonomi

Koranpotensi.com – Indramayu

HUT RI ke 76 tahun 2021 menjadi hari spesial bagi masyarakat di Kabupaten Indramayu.

Produk buah yang selama ini menjadi unggulan Kabupaten Indramayu, mangga, ternyata menjadi salah satu hidangan istimewa di Istana Kepresidenan Bogor.
Sekretariat Istana Kepresidenan Bogor menghidangkan mangga itu bersama buah-buahan dari daerah lain, tersusun dalam bentuk tumpeng.

Mangga Agrimania Indramayu bahkan ditempatkan pada posisi paling atas suguhan buah di Istana Presiden itu. Berbagai buah disusun menyerupai tumpeng.

Mangga Agrimania Indramayu yang sampai ke Istana Bogor merupakan hasil budidaya kelompok agrowisata ‘Agrimania Flora Indramayu’ yang berlokasi di komplek wisata Situ Bolang Desa Jatisura Kecamatan Cikedung.
Pemilik sekaligus pelaku pengembangan Agrimania Flora Indonesia, H Urip, mengatakan mangga yang diminta Istana Kepresidenan Bogor merupakan varian baru.

H Urip memberi nama mangga tersebut dengan sebutan VUB (Varietas Unggul Baru). “VUB yang dikenalkan di Istana Kepresidenan Bogor memiliki kelebihan, dan harganya sangat tinggi,” ujar dia, Rabu 18 Agustus 2021.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Indramayu, Nina Agustina, menyatakan rasa syukurnya. Momentum ini, kata dia, merupakan sebuah penghargaan bagi Kabupaten Indramayu yang selama ini dikenal dengan sebutan Kota Mangga.
“Tentu tidak gampang komoditi kita bisa menembus Istana Kepresidenan Bogor. Banyak aturan dan regulasi yang ketat. Artinya, komoditi mangga kita selama ini memang di nanti,” tandas Nina.

Nina Agustina mengatakan, VUB yang dibudidayakan oleh Agrimania Flora Indonesia di Desa Jatisura akan dijadikan percontohan. Untuk tahap awal, Pemkab Indramayu akan melakukan budidaya sebanyak 1.500 benih.

“Rasanya berbeda, lebih manis dan harum. Makanya diminta oleh istana. Kita akan upayakan, mangga VUB ini masuk ke pasar-pasar modern nasional, bila perlu internasional,” kata Nina.
Untuk mewujudkan rencana itu, akses menuju kawasan ekonomi masyarakat Desa Jatisura Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu terus dibenahi.
Secara bertahap, Pemerintah Kabupaten Indramayu pun memperbaiki infrastruktur menuju kawasan tersebut. Jalan juga dibenahi untuk mempermudah akses ekonomi warga.

Sekadar informasi, Desa Jatisura memiliki kawasan ekonomi dan usaha kecil menengah yang lengkap.
Setidaknya, ada empat kekuatan ekonomi masyarakat yang telah tumbuh dan menjadi andalan masyarakat setempat yakni bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan wisata.(kacim)

Share and Enjoy !

Shares

Facebook comments:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *