Peresmian Bandara Tebelian, Presiden: Pembangunan saat Ini Indonesia Sentris

Megapolitan

 

Jakarta, InfoPublik – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Tebelian di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar) pada Rabu (8/12/2021).

“Bandara Tebelian di kabupaten Sintang provinsi Kalimantan Barat, pagi hari ini saya resmikan,” ujar Presiden Jokowi melalui tayangan virtual pada Rabu (8/12/2021).

Pada kesempatan kali itu, Kepala Negara menyebutkan, Bandara Tebelian di Kabupaten Sintang, Kalbar dibangun dengan menelan biaya sebanyak Rp518 miliar. Infrastruktur tersebut, memiliki daya tampung hingga 75 ribu penumpang per tahun.

“Alhamdulillah puji dan syukur kita panjatkan Bandara Tebelian telah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan,” tuturnya.

Adanya pembangunan infrastruktur ini, lanjut Jokowi, membuktikan bahwa pemerintah saat ini berkomitmen melakukan pembangunan dengan berlandaskan Indonesia sentris. Artinya, pembangunan infrastruktur dilakukan secara merata di berbagai pulau di tanah air.

Pembangunan infrastruktur seperti hal di atas, memang diperlukan dalam menciptakan sentra-sentra perekonomian baru. Sehingga, di berbagai pulau dapat muncul pusat perekonomian baru melalui pemanfaatan infrastruktur yang dibangun tersebut.

“Kelancaran konektivitas adalah kunci. Kita harus mampu membuat konektivitas antar provinsi, daerah, kabupaten dapat semakin mudah dan lancar terjangkau,” katanya.

Dirinya optimis, bahwa pembangunan infrastruktur di atas mampu memberikan dampak positif bagi wilayah terkait dalam waktu dekat. Indikasinya, ada sejumlah investor yang tertarik berinvestasi di wilayah yang sudah terbangun infrastruktur.

Kondisi saat ini, peningkatan investasi lebih banyak berasal dari luar Pulau Jawa. “peningkatan investasi di luar Jawa yang tidak lepas dari upaya kita dalam menyiapkan infrastruktur secara merata di seluruh penjuru tanah air,” kata Presiden.

Para investor, tentunya akan lebih tertarik dengan adanya infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah. Sebab, akan membuat arus lintas logistik akan semakin mudah dilakukan di masa mendatang.

Ditambah lagi, berpeluang memperluas pangsa pasar dalam dan luar negeri. Karena, adanya infrastruktur yang membantu kegiatan pengiriman produk tersebut.

“Menjangkau pasar yang semakin besar dan luas. Lalu menekan waktu serta biaya. Sehingga biaya logistik menjadi semakin efisien dan semakin kompetitif,” pungkasnya. RS

Share and Enjoy !

Shares

Facebook comments:

Leave a Reply

Your email address will not be published.