Tim Penjinak Bom Brimob Polda Jabar Evakuasi Mortir Aktif di Indramayu

Hukum

koranpotensi.com – INDRAMAYU

Tim penjinak bom (Jibom) Brimob Polda Jawa Barat (Jabar) turun tangan mengevakuasi sebuah mortir di Blok Betokan Desa Jumbleng, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu.

Mortir pertama kali ditemukan warga dalam tumpukan pasir batu (sirtu) yang dipesan untuk perkerasan jalan di lokasi tersebut.

Diperoleh keterangan, ihwal ditemukannya mortir yakni saat seorang warga setempat bernama Herman (34 tahun) memesan sirtu untuk kegiatan perkerasan (perbaikan) jalan.

Ia memasan kepada rekannya bernama Mamat. Order sirtu dari Herman pun langsung diiyakan Mamat.

Mamat lalu menuju kuari tambang sirtu di wilayah Tolengas, Jatigede, Kabupaten Sumedang menggunakan truk.

Sirtu dari Sumedang lalu dibawa Mamat ke lokasi kegiatan perbaikan jalan. Proses bongkar selesai, selanjutnya sirtu digelar.

Saat akan digelar itulah warga menemukan benda yang belakangan diketahui adalah mortir aktif. Temuan itu dilaporkan ke Polsek Losarang.

Kapolsek Losarang, Kompol Mashudi, yang menerima laporan segera menghubungi tim Jibom Brimob Polda Jabar.

Upaya evakuasi dilakukan sangat hati-hati. Warga yang berada di dekat lokasi diminta menjauh.

“Mortir itu panjangnya 36 centimeter,diameter belakang 10 centimeter, lingkar diameter depan 32 centimeter, diperkirakan mortir tersebut masih aktif,” jelas Mashudi, Rabu 8 Desember 2021.

Dari pemeriksaan awal fisik, imbuh Mashudi, mortir diperkirakan amunisi arteleri medan yang berasal dari kuari tambang sirtu lalu terbawa truk hingga ‘meluncur’ sampai ke Indramayu.*kacim

Share and Enjoy !

Shares

Facebook comments:

Leave a Reply

Your email address will not be published.