Menkominfo Ajak Masyarakat Tingkatkan Solidaritas Hadapi Pandemi

Pemerintahan

koranpotensi.com – Jakarta

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, mengajak masyarakat, khususnya umat kristiani, meningkatkan solidaritas dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Solidaritas ini mencerminkan ketangguhan bangsa Indonesia dalam mengatasi tekanan di berbagai bidang sebagai dampak pandemi yang telah berlangsung selama dua tahun terakhir.

“Situasi (pandemi COVID-19) kita saat ini merupakan sebuah ujian bagi ketangguhan kita sebagai bangsa sekaligus mengukur sejauh mana solidaritas (masyarakat),” ujar Menkominfo dalam acara perayaan Natal Bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Jakarta, pada Senin (11/1/2022).

Lebih lanjut Menkominfo menjelaskan, walaupun pandemi COVID-19 memiliki sisi gelap dan tantangan mencemaskan bagi kita semua, tapi ada sisi terang atau positif dibaliknya yang bisa dicapai.

Sisi terang tersebut adalah harapan besar akselerasi transformasi digital untuk memudahkan kehidupan manusia di muka bumi, secara khusus di Indonesia.

Dalam hal ini, Kementerian Kominfo dinilai mempunyai tugas besar untuk membangun dan menciptakan infrastruktur digital yang memadai di seluruh wilayah tanah air.

“Meminjam istilah Dedi Permadi, Juru Bicara Kominfo, yang selalu disampaikan dimana-mana, yaitu close the digital divide atau memperkecil digital disparitas digital (antar wilayah di Indonesia),” tuturnya.

Menurut Menkominfo, pihaknya juga bertugas untuk memungkinkan migrasi aktivitas masyarakat dari ruang fisik ke ruang digital dengan menyiapkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan ke seluruh daerah.

Migrasi ini dinilai akan membuat berbagai agenda nasional maupun komunitas bisa digelar secara virtual maupun hibrid atau kombinasi virtual dengan fisik, sehingga lebih efisien dan efektif.

“(migrasi ke ruang digital) perlu dimaknai sebagai bukti bahwa kita sebagai bangsa memiliki kemampuan beradaptasi adaptif dan memiliki kemampuan untuk mengatur arah baru di tengah situasi yang menantang saat ini,” katanya.

Menkominfo berpendapat, kepemimpinan (leadership) Presiden Joko Widodo telah mendorong kolaborasi dan sinergi pentahelix atau multipihak antara para pemangku kepentingan untuk akselerasi transformasi digital nasional.

Dengan sinergi antara perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, tokoh-tokoh adat, tokoh agama dunia, dan juga dunia usaha, khususnya media, akselerasi transformasi digital nasional diharapkan akan meningkat dan melampaui target yang ditetapkan

Share and Enjoy !

Shares

Facebook comments:

Leave a Reply

Your email address will not be published.