Jelang Pelantikan Kades Terpilih, Polres Musi Rawas Komandoi Patroli Tiga Pilar Sambangi Rumah Kades

news

koranpotensi.com – MUSI RAWAS

Jelang pelantikan Kepal Desa (Kades) terpilih hasil Pemilihan Kepal Desa (Pilkades) serentak 2023, Polres Musi Rawas (Mura) Polda Sumatera Selatan (Sumsel), komandoi patroli tiga pilar.

Kegiatan patroli dipimpin langsung Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo yang diwakili oleh Kabag Ops, Kompol Polin E.A Pakpahan tersebut, Dandim 0406/Lubuklinggau yang diwakili Danramil dan Satpol PP Musi Rawas.

Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo melalui Kabag Ops, Kompol Polin E.A Pakpahan saat dikonfirmasi membenarkan kegiatan patroli tiga pilar tersebut. Sebelum patroli, kegiatan diawali dengan apel pasukan.

Menurut Kabag Ops, patroli dilakukan dalam rangka cipta kondisi jelang pelantikan Kepala Desa (Pilkades) terpilih hasil Pilkades serentak yang dilakukan pada 8 Maret lalu.

“Iya benar, hari ini kami Polres Mura melakukan patroli tiga pilar dalam rangka cipta kondisi pra pelantikan Kades terpilih,” kata Kabag Ops, Sabtu (6/5/2023).

Dikatakan Kabag Ops, dalam patroli tersebut, melibatkan unsur TNI dalam hal ini Kodim 0406/Lubuklinggau, Polres Musi Rawas dan juga dari Pemerintah Kabupaten Musi Rawas melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Tunjuannya cipta kondisi, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang pelantikan Kades,” ucapnya.

Kegiatan patroli sendiri lanjut Kabag Ops, dimulai sejak pukul 17.00 Wib, hingga pukul 21.00 Wib. Untuk rute sendiri yakni di mulai dari Mapolres Musi Rawas, kemudian lanjut ke Pedang, Simpang Priuk hingga ke arah Tugumulyo.

Sedangkan untuk sasaran sambung Kabag Ops, yakni mendatangi tempat-tempat keramaian dan rumah Kades terpilih.

“Sasarannya tempat keramaian dan juga kami mendatangi sejumlah rumah-rumah Kepala Desa (Kades) terpilih yang akan dilantik,” jelasnya.

Selain itu masih kata Kabag Ops, pada saat pelantikan Kades terpilih yang akan dilaksanakan pada Senin (8/5/2023), dihimbau agar membawa masa atau penduduk sesuai dengan ketentuan hasil rapat, yakni maksimal hanya 15 orang.

“Untuk sisanya agar bisa menunggu di rumah Kades, atau bisa menyaksikan langsung prosesi pelantikan secara online. Karena akan disiarkan langsung,” ungkapnya.

Kabag Ops juga mengucapkan terima kasih kepada pesonel yang telah melaksanakan Patroli Tiga Pilar Skala Besar. Patroli ini, untuk memonitoring situasi kamtibmas menjelang pelantikan kades, agar terciptanya kondisi yang aman dan kondusif.

“Melalui patroli ini, diharapkan dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan dan Harkamtibmas di wilayah Musi Rawas, juga mencegah dan menghambat ketidaklancaran dalam persiapan pelantikan Kades,” katanya.

Selain menghimbau masyarakat, Kabag Ops juga berharap agar Polsek jajaran dapat meningkatkan kegiatan KRYD, guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Kemudian melakukan deteksi dini, terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi, dengan melakukan pendekatan kepada Toga, Todat dan Tomas,” pungkasnya.

Sementara itu, Kades terpilih Desa V Surodadi Kecamatan Tugumulyo, Tamam mengucapkan terimakasih kepada personel Polres Musi Rawas, TNI dan Satpol PP dalam melaksanakan giat Patroli Tiga Pilar ke wilayah Tugumulyo.

“Selaku Kades terpilih, saya menyampaikan kepada masyarakat Desa V Surodadi agar melakukan kegiatan sebaik mungkin, sehingga terhindar dari Tindakan yang tidak kita inginkan,” katanya.

Serta menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan lalulintas serta sama-sama menjaga ketertiban, sehingga bisa tercipta kondisi yang aman di Desa V Surodadi ini.

Sama halnya disampaikan, Kades terpilih Desa L Sidoharjo, Nanang Riyanto yang juga mengucapkan terimakasih kepada Personel Polres Musi Rawas, yang melaksanakan giat Patroli ke desanya.

“Senin besok pelantikan Kades terpilih dilaksanakan, mohon dukungan dari warga Desa L Sidoarjo agar kegiatan pelantikan dapat berjalan dengan lancar dan tanpa adanya hambatan,” ungkapnya.

Nanang juga mengaku, sesuai dengan himbauan yang disampaikan, pada saat pelantikan.(*)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *