Antisipasi Terjadinya Informasi Hoaks Yang Dapat Memicu Terganggunya Keamanan di Masyarakat,” Sie Humas Polres Musirawas Hadiri Diskusi Publik

news

koranpotensi.com – PALEMBANG

Sie Humas Polres Musi Rawas menghadiri Diskusi Publik dengan tema, “Peran Humas Kewilayaan Dalam Memberikan Pelayanan Informasi Publik Melalui Sistem Pengelolaan Informasi Terpadu (SPIT), dan Mediahub Guna Menyukseskan Pemilu 2024,”, Rabu (25/5/2023).

Diskusi tersebut dihadiri oleh, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, yang diwakilkan kepada Kasi Humas, Iptu Herdiansyah bersama Bripda M Fila Abdi dan salah satu narasumber berasal dari Mabes Polri, Kombes Pol Tjahyono Saputro, yang saat ini menjabat Kabag Yaninfodok Biro PID Divisi Humas Polri.

Hal tersebut dibenarkan Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK melalui Kasi Humas, Iptu Herdiansyah saat dikonfirmasi sekitar pukul 13.00 WIB, Kamis (25/5/2023)

“Hari ini, Sie Humas Polres Mura, mengikuti Diskusi Publik dengan tema, “Peran Humas Kewilayaan Dalam Memberikan Pelayanan Informasi Publik Melalui Sistem Pengelolaan Informasi Terpadu (SPIT), dan Mediahub Guna Menyukseskan Pemilu 2024,” kata Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK melalui Kasi Humas, Iptu Herdiansyah saat dikonfirmasi sekitar pukul 13.00 WIB, Kamis (25/5/2023).

Kasi Humas menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya Polri memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama menjelang Pemilu 2024.

“Pelayanan itu juga sebagai antisipasi terjadinya hoaks dan informasi yang dapat memicu terganggunya keamanan di masyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kabag Yaninfodok Biro PID Divisi Humas Polri, Kombes Pol Tjahyono Saputro salah satu caranya dengan inovasi dengan teknologi informasi. Diantaranya Divisi Humas Polri melalui Biro PID memiliki platform yang sedang dikembangkan, yakni SPIT.

SPIT merupakan sebuah sistem IT baru berbasis web yang menjadi wadah untuk mengkompulir data video, foto, teks, audio satker, dan satwil.

“Sebagaimana kita pahami bersama bahwa informasi dan komunikasi saat ini menjadi semakin penting arti dan peranannya bagi publik di tengah era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang penuh dengan disrupsi,” kata Kombes Pol Tjahyono

Diskusi itu dengan mengusung tema ‘Mewujudkan Transparansi Dalam Pelayanan Informasi Publik Melalui SPIT dan Mediahub Guna Menghadapi Pemilu 2024’.

Menurut, Kombes Pol Tjahyono, Diskusi Publik ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan oleh Divisi Humas Polri di tahun 2023. SPIT dan MediaHub ini berawal dari tahun pemilu 2019, dengan urgensi bahwa Divhumas Polri memerlukan semacam Big Data kehumasan untuk melengkapi data-data kehumasan .

Hal tersebut sesuai dengan program Pemerintah terkait satu data. kemudian dilanjutkan dengan program Satu Data Polri, SPIT tergabung dengan Satu Data Polri

“Kita akan terus meningkatkan kualitas maupun layanan informasi Melalui SPIT semua data yang ada di jajaran Polda bisa diambil untuk dibuatkan konten, dengan narasi dan diksi yang berbeda, inilah tujuan SPIT,” tegasnya.

Kombes Pol Tjahyono menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka penguatan guna memberikan pelayanan informasi publik sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP)

Hal itu sesui dengan 16 program prioritas Kapolri, yakni peningkatan kualitas pelayanan publik Polri, dalam mewujudkan pelayanan publik Polri yang terintegrasi dan pemantapan komunikasi publik.

Kombes Pol Tjahyono menyebutkan, keterbukaan informasi publik pada era saat ini adalah suatu keniscayaan, meski demikian pelaksanaan tidak boleh melanggar etika dan norma yang ada dalam masyarakat.

Dia berharap jajaran Polda serta Polres dapat mewaspadai terkait gelaran pemilu tahun 2024, dikarenakan pada tahun berikut merupakan tahun politik.

“Bahwa berkaca pada tahun 2019 Mabes Polri mengimbau pada jajaran wilayah Polri agar pelaksanaan pemilu berjalan lancar,” tutupnya.(rls)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *