Dian Prasetio: Memperkuat Peran Wartawan dalam Kemajuan Daerah

news

koranpotensi.com – Musi Rawas

Pengurus Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO-I) DPD Kota Lubuklinggau periode 2023-2028 secara resmi dilantik oleh Dewan Pengurus Pusat IWO-I. Acara pelantikan berlangsung di kediaman Dian Prasetio, salah satu tokoh pemuda dari Kabupaten Musi Rawas, desa Ngadirejo, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Acara pelantikan diawali dengan konvoi kendaraan pengurus Pusat dan Daerah IWO-I dari hotel tempat pengurus Pusat dan DPD Sumatera Selatan menginap. Para tamu undangan disambut dengan pertunjukan tari adat Jawa yang ditampilkan oleh ibu-ibu Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dari Desa Ngadirejo, Kecamatan Tugumulyo.

Turut hadir dalam acara pelantikan DPD IWO-I Indonesia Kota Lubuklinggau adalah perwakilan dari Pemerintah Kota Lubuklinggau, KODIM 0406 MLM, Kepala BNN Musi Rawas AKBP Abdul Rahman, BNN Lubuklinggau, Polres Lubuklinggau, Polres Musi yang diwakili oleh Kasat Intel dan Kasi Humas, perwakilan OPD, Kapolsek Tugumulyo, perwakilan Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Kades, pengurus IWO Indonesia Musirawas, Musi Rawas Utara, Empat Lawang, Lahat, Pagar Alam, OKI, OI, tokoh masyarakat dan tokoh agama, awak media, LSM, serta masyarakat.

Dalam sambutannya, Ketua Umum IWO-I, NR Icang Rahardian, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak yang telah membuat acara ini dapat terlaksana. Setelah dilantik, ia meminta seluruh anggota pengurus DPD IWO-I Lubuklinggau untuk menjaga nama baik organisasi. “Setelah dilantik ini, saya minta kawan-kawan dapat memberi kontribusi positif kepada daerah dan menjaga nama baik organisasi dengan bekerja secara profesional sesuai dengan UU Pokok Pers No. 40 tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalis,” pinta Ketum.

Selanjutnya, Arias, Ketua DPD IWO-I, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Ketum atas kehadiran langsung dalam pelantikan dan Pembina IWO-I Lubuklinggau, Dian Prasetio, karena telah memfasilitasi acara pelantikan ini. “Kami pengurus IWO-I Lubuklinggau dan jajaran pengurus lainnya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan Mas Dian dalam memfasilitasi pelantikan anggota kami. Saya tahu sangat jarang tokoh yang mau berpartisipasi, hampir 100 persen menggunakan uang pribadi untuk acara semeriah ini,” tegas Arias.

Sementara itu, Dian Prasetio, yang dit

unjuk sebagai Pembina IWO-I, menyatakan bahwa profesi wartawan adalah profesi mulia karena kontribusinya dalam kemajuan daerah melalui publikasi media, baik cetak maupun elektronik. “Wartawan, jika bekerja sesuai koridor dan UU Pokok Pers, menurut saya merupakan profesi yang mulia karena banyak contoh terjadinya ketidakadilan dan ketimpangan sosial yang segera terselesaikan berkat publikasi media,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa sudah lama dekat dengan rekan-rekan wartawan sejak awal karirnya hingga menjabat Waketum KADIN. Oleh karena itu, ia bersedia menjadi pembina dan memfasilitasi pelantikan DPD IWO Indonesia Lubuklinggau. “Alhamdulillah, berkat rezeki dari Allah SWT, saya dapat berperan aktif dalam acara pelantikan ini. Ke depannya, saya akan terus membangun komunikasi dengan rekan-rekan wartawan agar ikut berperan dalam kemajuan daerah,” ujar Dian.

Menanggapi pelaksanaan pelantikan yang dilakukan di kediaman warga, Dian menjelaskan bahwa ini dilakukan dengan filosofi bahwa salah satu tugas wartawan adalah menjadi penyampai suara masyarakat. Oleh karena itu, ia berharap agar wartawan terus hadir di tengah masyarakat untuk mendengarkan kritik, saran, inovasi, dan keluhan mereka, serta mempromosikan produk UMKM dan informasi yang diperoleh. Ia juga mengungkapkan bahwa sekitar 80 persen pengurus IWO Indonesia Lubuklinggau berdomisili di Kabupaten Musi Rawas.(Niko)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *