Kabupaten Musirawas Menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) oleh Kepala BKKBN RI Dr (HC) dr. Hasto Wardoyo SpOG

news

koranpotensi.com – MURA

Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud dan Ketua TP PKK Musi Rawas H. Riza Novianto Gustam menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) yang diserahkan secara langsung oleh Kepala BKKBN RI Dr (HC) dr. Hasto Wardoyo SpOG. Penghargaan ini diberikan atas komitmen,dukungan dan kepedulian yang tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan pada acara Gala Dinner Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30, bertempat di Griya Agung, Palembang, Selasa (4/6/2023).

Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diserahkan kepada pemerintah daerah dan mitra kerja BKKBN yang mendukung pelaksanaan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang ia terima. Salah satu upaya mendukung program tersebut, Musi Rawas mencanangkan 186 Desa dan 13 Kelurahan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas pada Oktober 2022 dalam rangka percepatan penurunan angka stunting, sebagaimana visi dan misi Musi Rawas Mantab kedua, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia yang optimal.

Pada tahun ini pun, Kabupaten Musi Rawas mengalami penurunan persentase angka stunting menjadi 25,4 persen dari sebelumnya mencapai 28 persen pada 2022.

Selama ini, banyak upaya dan langkah yang telah dilakukan, mulai dari melakukan survei atau pendataan, kemudian melakukan pembinaan keluarga dan juga pendampingan keluarga yang memiliki anak stunting. Ada juga posyandu yang masif melalui Dinas Kesehatan.

“Kita juga menganggarkan di APBD untuk bantuan gizi kepada anak-anak yang ada di kabupaten Musi Rawas,” katanya.

Tak hanya itu, kata Bupati, penanganan stunting dilakukan di beberapa OPD, selain di Dinas Kesehatan, juga melalui Dinas PPKB, Dinas Sosial dan sebagainya. “Beberapa Dinas kita Kalaborasikan, kemudian kita juga anggarkan melalui APBD,” tuturnya.(rls)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *