Pemkot Bekasi Gelar Talk Show “Road To BIG” untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Pengurangan Pengangguran

Ekonomi & Bisnis

koranpotensi.com – Kota Bekasi

Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Terpadu (DPMPTSP) Kota Bekasi adakan talkshow untuk para pelaku UMKM Kota Bekasi pada Program Road To Bekasi Investment Gathering (BIG), Rabu 02/08/2023.

Hadir, Kepala DPMPTSP Kota Bekasi, Dicky Irawan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi, Yayan Yuliana, Kepala Bidang Perdagangan Disdagperin Nurbaiti dan Kepala Kadin Kota Bekasi, Gunawan yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.

Bekasi Investment Gathering dilaksanakan di Balai Patriot Pemkot Bekasi dengan tujuan mempromosikan UMKM Kota Bekasi guna meningkatkan nilai investasi Kota Bekasi.

UMKM Kota Bekasi diungguli bidang kuliner dan bidang kerajinan yang produknya telah masuk ke perusahaan dan ritel swasta besar.

Pembicara secara bergantian memaparkan berbagai program kerja yang telah dilakukan berkaitan pengembangan UMKM dan juga memberikan pengarahan terkait hal-hal yang perlu dilakukan oleh pelaku usaha.

Dijelaskan oleh Yayan Yuliana, bahwa program Road to BIG ini dalam rangka peningkatan promosi bagi para pelaku UMKM yang telah bergabung di dinas kami, yang nantinya berharap produk nya bisa diperkenalkan di pasaran banyak sehingga produk tersebut mampu menciptakan daya saing dari produk yang sudah unggul.

“Kurang lebihnya terdapat 1640 UMKM di Kota Bekasi baik skala kecil, sedang, dan besar. Ini secara langsung menjadi tantangan bagi Kota Bekasi sekaligus peluang besar bagi kita pemerintah untuk memandu, memfasilitasi, dan memberikan modal demi pengembangan UMKM Kota Bekasi.” ujar Kepala Dinas UMKM Kota Bekasi, Yayat

Ia jelaskan juga bahwa ada beberapa produk yang sudah masuk ke dalam ritel modern termasuk Indomaret, Alfa Mart, Superindo bahkan sudah masuk kedalam IKEA, hal ini ialah suatu promosi yang bisa menguntungkan dan membawa nama Kota Bekasi.

Selanjutnya, Kepala Bidang Perdagangan Disdagperin Kota Bekasi, Nurbaiti juga menjelaskan bidang perdagangan dan industrial telah sukses menjalankan salah satu program unggulan kami yaitu Pameran Dagang Lokal dan Nasional di Batam dan Bali yang bertujuan mempertemukan semua pelaku usaha dari kecil, sedang, dan besar kepada para investor.

“Dalam acara tersebut kami juga membantu sertifikasi teman-teman UMKM dan kami melakukan pembinaan terkait bidang expor. Kami hanya berperan sebagai fasilitator bagi para UMKM, namun kerja keras, keberhasilan, dan kesuksesan yang diperoleh dalam acara datang dari teman-teman UMKM.” jelas Nurbaiti

Dalam Upaya memajukan Kota Bekasi tidak hanya dalam pengembangan UMKM, namun juga upaya dalam menanggulangi angka pengangguran di Kota Bekasi, berbagai program dari mengadakan pengarahan dan pelatihan untuk membangun usaha usai menyelesaikan pendidikan tingkat perguruan tinggi kepada mahasiswa di beberapa universitas Kota Bekasi.

Program Road to BIG ini tidak hanya untuk pelaku usaha saja, tapi akan direncanakan program kelanjutan dalam menciptakan Kota Bekasi yang Keren.

(Ndoet/Int.Cal/Mms)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *