Menteri Perdagangan RI dan Pemerintah Kota Lubuklinggau Bersatu Tinjau Pasar Bukit Sulap dan UKM Aren Oleh-Oleh Linggau

Ekonomi & Bisnis

koranpotensi.com – Lubuklinggau

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Dr Jerry Sambuaga beserta rombongan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Lubuklinggau, Minggu (6/8/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Wamendag beserta rombongan didampingi Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dan jajaran melakukan peninjauan ke Pasar Bukit Sulap (PBS) untuk mengetahui harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat.

Dalam keterangannya, Wamendag, Jerry Sambuaga mengatakan dirinya bersama wali kota dan Forkopimda sengaja mengecek langsung keadaan harga barang kebutuhan pokok yang ada di PBS, mulai dari harga minyak goreng, minyak curah, minyak kemasan, bawang putih, bawang merah, daging ayam dan sebagainya.

“Dari pantauan kami, harga barang-barang tersebut dalam keadaan stabil dan stoknya pun masih aman,” ujarnya.

Bahkan sambungnya, dia sempat bertanya dengan para pedagang mengenai stok sembako yang ada di PBS. Intinya, stok sembako masih cukup tersedia serta harganya masih stabil.

Kendati demikian, ada beberapa jenis barang pokok yang mengalami fluktuasi harga. Terpantau harga beras mengalami penurunan, namun sebaliknya telur dan bawang putih sempat naik.

Wamendag berharap kedepan Pemkot Lubuklinggau dan jajaran terus bersinergi dengan Forkopimda agar melakukan pemantauan. Ini penting sebagai upaya untuk memastikan ketersediaan sembako selalu aman dan terkendali.

Selain meninjau PBS, Wamendag beserta rombongan juga sempat mampir ke UKM AREN Oleh-Oleh Linggau. Wamendag didampingi wali kota terlihat antusias mencoba dan mencicipi berbagai olahan Khas Kota Lubuklinggau di Toko AREN, mulai dari olahan durian, gula merah, lapis aren sampai dendeng pucuk ubi.

Saat diwawancarai awak media, Wamendag menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Lubuklinggau yang sudah mendukung kemajuan UMKM di Kota Lubuklinggau.

Ia memastikan bahwa Kementerian Perdagangan (Kemendag) siap mensupport penuh pelaksanaan pengembangan UMKM di daerah. Mulai dari edukasi, pelatihan dan workshop yang diadakan langsung oleh Kemendag ataupun yang bekerjasama dengan Pemda.

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dalam sambutannya mengatakan kedatangan Wamendag ke Kota Lubuklinggau dapat menjadi ajang promosi dan testimoni untuk produk UMKM khas Kota Lubuklinggau.

Ikut hadir Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha, Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H Rodi Wijaya, Sekda Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, H Hendri Hermani, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H Nobel Nawai, Kepala Disperindag Lubuklinggau, H Surya Darma Kasat Pol PP Lubuklinggau, Walyusman dan pejabat Pemkot lainnya yang sempat hadir.(niko/tim).

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *