GMBI Distrik Indramayu Gelar Raker, Bahas Kolaborasi Lima Unsur

news

koranpotensi.com – INDRAMAYU

Ratusan orang menghadiri Rapat Kerja yang digelar oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah (GMBI) Distrik Indramayu, pada Sabtu (19/8/2023).

Kegiatan yang bertempat di GOR Habitat, Desa Lempuyang, Kecamatan Anjatan ini mengambil tema “Transformasi LSM GMBI dalam Rangka Bela Negara: Penguatan Peran LSM GMBI Indramayu dalam Meningkatkan Ketahanan Regional melalui Optimalisasi Pentahelix”

Menurut Ketua LSM GMBI Distrik Indramayu, Ono Cahyono, ketahanan regional merupakanpilar utama dalam ketahanan nasional yang kokoh dan berkelanjutan.

“Untuk mengoptimalkannya dibutuhkan berbagai kolaborari antara pemangku kepentingan, termasuk LSM,” ungkap Ono.

Ono menilai peran GMBI krusial dalam mengoptimalkan pilar pentahelix. Pilar ini, menurutnya, mencakup pemerintah, akademisi, industri, masyarakat, dan media.

Menurutnya GMBI memiliki dedikasi dan kontribusi cukup lama dalam berbagai isu terkait ketahanan regional. Program-program GMBI, lanjutnya, berupaya untuk memperkuat ketahanana regional yang mampu meningkatkan kualitas hidup.

Sementara itu dalam sambutannya, Panglima LSM GMBI, Yudi Tjahyudin, memaparkan apa itu GMBI dari struktur pusat hingga tingkat kecamatan, serta berbagai tugasnya.

“Sudah 21 tahun GMBI mengabdi untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat bawah. Kini GMBI sudah memasuki fase dewasa,” terang Yudi.

Berbagai peristiwa, kata Yudi, menjadikan GMBI mengambil hikmah dari khilaf dan salah yang sudah terjadi. Dan GMBI mulai menata sistem untuk menata roda organisasi.

Pada rapat kerja ini hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, Syaefudin, yang membahas tentang peran dan tugas badan legislasi yang dipimpinnya.

“GMBI telah terdaftar, tercatat, dan tercantum dalam di Badan Kesbangpol. Namun saya berharap bukan sebatas itu saja,” ungkap Syaefudin.

Ia berharap agar pemerintah daerah mengajukan anggaran untuk organisasi kemasyarakat seperti GMBI. Berapapun nilainya, akan disetujui pihaknya. Hal tersebut semata-mata agar fungsi GMBI bisa optimal.

“Agar tugas GMBI seperti advokasi, pemberdayaan, dan seterusnya bisa lebih optimal,” ungkap Syaefudin.

Selain Ketua DPRD, Rapat Kerja GMBI Distrik Indramayu ini dihadiri pula oleh perwakilan dari Badan Kesbangpol, Camat Anjatan Rory Firmansyah, serta Kapolsek Anjatan Heriyanto.*Kacim

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *