Meriahkan Peringatan HUT RI ke-78 dan Lestarikan Budaya, Dispora OKI Gelar Lomba Bidar Mini

news

koranpotensi.com – Oki

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dalam memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dan sekaligus upaya pelestarian seni budaya daerah dengan menggelar Lomba Bidar Mini yang dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 Agustus 2023.

Lomba Bidar Mini adalah Lomba Perahu Dayung menyusuri Sungai Komering yang selama ini merupakan urat nadi transportasi perekonomian masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir, oleh karenanya lomba ini dimaksudkan untuk merawat tradisi masyarakat setempat.

Bupati OKI melalui Sekretaris Daerah Kabupaten, Ir. Asmar Wijaya, M.Si menyampaikan kepada para peserta lomba agar dalam pelaksanaan pertandingan masing-masing kelompok harus menjaga dan menjunjung tinggi spotifitas.

“Selamat bertanding kepada para peserta lomba, kalau menang itu buah dari upaya yang telah dilakukan dan kalaupun belum menang harus bijak dalam menerima kekalahan karena nanti pada gilirannya juga akan meraih kemenangan,” kata Asmar, Senin (14/8/2023).

Asmar juga berharap agar Lomba Bidar Mini ini nanti dijadikan ajang tahunan sehingga tradisi yang memiliki nilai-nilai luhur ini tetap lestari, tidak tergerus oleh kemajuan zaman.

Ketua Panitia Pelaksana Lomba, Ahmadi Ilya mengatakan bahwa Lomba Bidar Mini adalah merupakan tradisi masyarakat Kecamatan Kayuagung dan pada pelaksanaan lomba tahun ini diikuti oleh utusan dari 25 Desa dan Kelurahan.

“Para pemenang lomba telah disediakan hadiah berupa uang pembinaan, yang nilainya untuk Juara Pertama mendapatkan hadiah sebesar Rp. 10.000.000,– Juara Kedua mendapatkan hadiah sebesar Rp 7.000.000,– Juara Ketiga mendapatkan hadiah sebesar Rp. 5.000.000,– dan Juara Keempat mendapatkan hadiah sebesar Rp. 3.000.000,–“ pungkas Madin.(Arief)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *