Pemkab Labuhanbatu Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 30 dan Pencanangan Baksos TNI – KB – Kesehatan

Pemerintahan

koranpotensi.com – Labuhanbatu

Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd.,MM didampingi Sekretaris Daerah Ir. Hasan Heri Rambe dan Ketua TP-PKK Ny. dr. Hj. Maya Hasmita Erik Adtrada Sp.OG.MKM menghadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 30 dan Pencanangan Baksos TNI – KB – Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu yang digelar di halaman Aula Asrama Haji. Kamis (31/8/2023).

Wabup mengatakan mengambil tema “menuju keluarga bebas stunting untuk indonesia maju” peringatan hari keluarga merupakan upaya untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat, betapa pentingnya suatu keluarga. Keluarga mempunyai peranan dalam upaya memantapkan ketahanan nasional dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Dikatakan Wabup, Isu stunting sangat dekat dengan masa depan keluarga dan harus dapat disampaikan dengan cara yang lebih tepat, lebih menyentuh dan lebih memahami sudut pandang khalayak. hal ini agar masyarakat menyadari bahwa pentingnya merencanakan keluarga melaksanakan 1000 hari pertama kehidupan bagi pasangan usia subur dan mengatur jarak kelahiran antara anak yang satu dengan anak berikutnya.

“Bila hal ini dapat dilaksanakan maka khalayak akan menemukan relevansi pentingnya pencegahan stunting untuk menjaga dan merencanakan keluarga, serta masa depan anak dan cucu,” kata Wabup.

Wabup menyampaikan tujuan umum diselenggarakan acara HARGANAS 2023 yakni mensinergikan gerak dan langkah keluarga indonesia mencegah stunting, terutama untuk menurunkan kembali angka stunting.

“Untuk Kabupaten Labuhanbatu angka kasus stunting ditargetkan turun minimal 4 % pertahun, sesuai dengan target prevalensi stunting.” Ujarnya.

Disitu, Wabup mengajak para tamu yang hadir untuk peduli dan saling bersinergi melakukan berbagai strategi dan upaya dalam mencegah serta menurunkan kasus stunting di Kabupaten Labuhanbatu.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Desa Pondok Batu Kecamatan Bilah Hulu yang mendapat penghargaan untuk kampung keluarga berkualitas terbaik 1 tingkat nasional dalam bidang inovasi pada tanggal 5 juli 2023 di Kabupaten Banyuasi Provinsi Sumatera Selatan dan terbaik 1 kampung berkualitas berkualitas tingkat provinsi pada tanggal 29 juli 2023 di Kabupaten Samosir.

Mengakhiri sambutanya, Wabup menyampaikan momentum bakti sosial TNI – KB – Kesehatan merupakan wujud sinergitas antara pemerintah dan jajaran TNI dalam mewujudkan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Dandim 0209 Labuhanbatu dan jajarannya yang senantiasa mendukung program bangga kencana dan berkomitmen terhadap berbagai program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat.

“Selamat hari keluarga nasional ke 30, rencanakanlah sejak dini keluarga yang berkualitas, bebas stunting untuk indonesia maju. “Berencana itu keren,” pungkas Wabup.

Ketua Panitia Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Mahrani SKM.,MKM menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk mensinergikan gerak dan langkah keluarga indonesia mencegah stunting dan meningkatkan peran stakeholder dan keluarga dalam pembangunan keluarga di Kabupaten Labuhanbatu. Adapun peserta acara ini dihadiri 150 orang yang terdiri dari Forkopimda, mitra dan OPD terkait, Organisasi Profesi, Organisasi Perempuan dan Kemasyarakatan para kader KB dan Posyandu serta forum Genre Labuhanbatu.

Sementara Dandim 0209/Labuhanbatu Letkol Inf Muhammad Faizal Rangkuti, SIP MIP, diwakili Pasiter Kapten lnf Sugianto mengatakan pelaksanaan pencanangan bhakti sosial TNl manunggal bangga kencana kesehatan terpadu ini merupakan bentuk komitmen TNI dalam mendukung program pemerintah. Sejalan dengan slogan “Bersama Rakyat TNI Kuat”, maka salah satu upaya menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI adalah menjaga stabilitas pertumbuhan penduduk agar seimbang dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Ditempat yang sama mewakili BKKBN Provinsi Sumatera Utara dr. Rina Faryska mengucapkan terima kasih kepada Bupati Labuhanbatu beserta seluruh jajaran dan Forkopimda yang telah berkenan melaksanakan peringatan hari keluarga ini. Harapannya, dengan adanya pembaruan strategi percepatan penurunan stunting, Kabupaten Labuhanbatu dapat mencapai target nasional yang telah ditetapkan sebesar 14% pada tahun 2024.

Turut Hadir Forkopimda,Para Staf Ahli, Para Asisten, Kabag Protokol, Para Pimpinan OPD, Diskominfo, Para Camat, Para Kapus, PKK, Persit KC, Para Babinsa, Ketua Bhayangkari, Dharma Wanita Persatuan, Ketua MUI, Ketua KNPI, Ketua Karang Taruna dan Tamu Undang Lainnya. (R.Sihombing)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *