HUT Ke-496 Indramayu Bupati Nina Ajak Semua Pihak IKut Berkontribusi dalam Pembangunan

news

Koranpotensi.com – INDRAMAYU

Optimisme Bupati Indramayu, Nina Agustina, dalam membangun Indramayu semakin membuncah. Apalagi melihat capaian-capaian yang telah diraih kabupaten ini dalam menapaki usianya yang ke-496.

Tema Hari Ulang Tahun (HUT) Indramayu ke-496 yakni “Mewujudkan Indramayu Tangguh, Ekonomi Tumbuh, Menuju Ketahanan Pangan Mandiri” direfleksikan dalam pencapaian-pencapaian tersebut.

Pembuktian Indramayu Tangguh hadir dalam pertumbuhan ekonomi yang meningkat signifikan pasca pandemi COvid-19 dua tahun ke belakang. Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), semula laju ekonominya hanya minus 1,58 meningkat jadi 2,88 pada tahun 2022.

Hal yang sama juga terjadi pada Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dimana semula 9,21% pada tahun 2020, kini menurun jadi 6,49% pada tahun 2022. Optimisme banyak pihak seoal penurunan ini pun meningkat, sebab dibawah kepemimpinan Bupati Nina, penanaman modal terus meningkat.

Karena jika melihat data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), pada tahun 2022 tercatat jumlah penanaman modal telah mencapai Rp1,8 triliun.

Sektor pertanian juga mencatat hasil yang positif, karena pada tahun 2023 ini sampai periode Agustus kemarin angkanya sudah mencapai produksi 900 ribu ton gabah kering giling.

Kementerian Pertanian pun sampai memberi apresiasi dengan menggelari Kabupaten Indramayu dengan sebutan Kabupaten dengan Produksi Padi terbesar di Indonesia.

Hasil laut juga senada. Produksi perikanan tangkap dan budidaya menuai hasil positif. Hasil perikanan laut sebesar 175.261 ton dan perikanan budidaya mencapai 351.580 ton.

Dan di momentum Hari Jadi ke-496 inilah, Bupati Nina mengajak semua pihak untuk terus memperkuat semangat gotong royong dan persatuan agar mampu mewujudkan ketahaanan pangan mandiri, sehingga visi Indramayu Bermartabat bisa diwujudkan.

“Pada momentum Hari Jadi Kabupaten Indramayu ini, saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam peningkatan pembangunan dan menjadikan hari jadi ke-496 ini sebagai refleksi terhadap apa yang telah dan akan kita lakukan demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Indramayu,” kata Nina.

Momentum refleksi Hari Jadi ini pun semakin istimewa karena pada prosesnya, Bupati Nina juga didaulat berbagai penghargaan dari kementerian dan lembaga negara.

Misalnya untuk program ketahanan pangan, Bupati Nina mendapat Manggala Karya Kencana dari BKKBN atas kepeduliannya terhadap penguatan dan pemberdayaan keluarga terutama penanganan dan pencegahan stunting lewat Gerakan Orang Tua Asuh.

Presiden Joko Widodo melalui Menteri Pertanian juga memberikan Satyalancana Wira Karya kepada Bupati Nina atas komitmennya dalam membangun pertanian di Kabupaten Indramayu.

Masih pada bidang yang sama, Bupati Nina juga mendapatkan Adhikarya Pratama Pembangunan Pertanian atas keberhasilannya dalam menghadapi perubahan iklim dan iklim ekstrim yang mengancam sektor pertanian di Indramayu.*KACIM

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *