Pemkot Bandung Siapkan lagi Kolam Retensi di Margahayu Raya

news

koranpotensi.com – KOTA BANDUNG

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menyebut, proses pembangunan kolam retensi di Komplek Margahayu Raya berkisar di angka 70 persen.

Ia optimis, kolam retensi ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Bandung.

“Kontraknya itu sampai 30 Desember. Hanya kalau diresmikannya, itu bisa jadi di akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024. Tapi yang saya lihat kebermanfaatannya bagi masyarkat Kota Bandung,” ujar Ema saat meninjau kolam retensi Komplek Margahayu Raya, Jumat 1 Desember 2023.

“Ini bisa meminimalisir potensi banjir di kawasan Jalan Ciwastra. Di sana ada pesantren (di titik tersebut kerap terjadi banjir). Selain itu juga tentunya untuk meminimalisir potensi banjir di kawasan Margahayu Raya ini,” katanya menambahkan.

Kolam retensi ini berada di Komplek Margahayu Raya, tepatnya di Jalan Jupiter Barat. Nantinya ada 6 kolam dengan total keseluruhan volume sekitar 2.339 meter kubik.

Selain itu, di kawasan ini juga bakal ada amphitheater, ruang terbuka, dan juga menjadi tempat berolahraga khususnya bagi warga di sekitar kolam retensi.

“Masyarkat bisa menikmatinya. Nanti ada amphi theater, mereka juga bisa berolahraga di sini bisa jalan sehat atau olahraga lari misalnya,” ujar Ema.

Ia berharap, hadirnya kolam retensi di Komplek Margahayu Raya dapat meminimalisir dampak banjir di kawasan Ciwastra, Rancabolang, Margahayu Raya hingga Derwati.

Apalagi di kawasan ini, beberapa kolam retensi dengan jarak satu sama lain yang tidak terlalu jauh sudah dibangun.

Di antaranya Kolam Retensi Bandung Inten, serta Kolam Retensi Rancabolang.

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *