Duet Ketua DPW GML Provinsi Lampung & WAREK II UNILA Bahas Revitalisasi Kearifan Lokal

news Pemerintahan

koranpotensi.com – Lampung

Achmad Munawar,S.STP.,M.H Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Gema Masyarakat Lokal (DPW GML) Indonesia Provinsi Lampung dalam diskusi dengan Prof. Rudy,S.H.,LL.M.,LL.D. Wakil Rektor (WAREK) II Universitas Lampung (UNILA).
Beliau mengatakan pentingnya di bangun kekuatan Sapta helix yakni kolaborasi antara Akademisi, Government, Organisasi Masyarakat, Pers, Dunia Usaha, Mahasiswa dan Publik untuk merevitalisasi kearifan lokal agar arus globalisasi dan digitalisasi tidak menggerus fundanmental nusabangsa Indonesia di aneka sektor.

Sejalan dengan pemikiran Prof.Rudy yang menyatakan bahwa kearifan lokal kekinian harus ada terapan yang merevitalisasinya secara suistanable.
Mengingat kearifan lokal sebagai; way of life, wisdom, budaya, pusaka dan senjata. Dan hal-hal tersebut dapat kita praktekkan tiap sila PANCASILA dengan intisari gotong royong. Dapat kita wujudkan Preambule Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dan bisa kita laksanakan konstitusi UUD 1945 baik dalam perekonomian yang berbasis pasal 33 UUD’45 yang berakar pada kekeluargaan dan gotong royong yang sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
Dan tentunya dapat di awali dengan langkah kecil sebagai starter lompatan besar dalam revitalisasi kearifan lokal sebagai penyeimbang arus kekuatan budaya asing dan teknologi yang masuk di dalam Nusantara ibu Pertiwi kita tercinta ini.

Ketua DPW GML Indonesia Provinsi Lampung dan WAREK II UNILA juga menyadari tidak mudah dalam melakukan revitalisasi kearifan lokal. Sehingga harus pula ada refleksi dan edukasi.
Dan pada hakikatnya kearifan lokal bisa di hadirkan pada semua sektor dan sendi kehidupan.

Lain dari pada itu kearifan lokal juga sebagai kekuatan Tridaya berupa; cipta, rasa dan karsa. Maka tak pelak harus ada agenda revitalisasi kearifan lokal kedepannya.
Dan dalam pertemuan yang singkat di sepakati, kedepannya akan ada pembahasan lebih lanjut yang konferhensif..

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *