Prestasi Lulusan HSE University Moscow: Ihsannudin, Warga Tetap Pertama Rusia dengan ВНЖ

news

koranpotensi.com – Jakarta

Dari kampung halaman di Desa Celikah, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Ihsannudin mengukir prestasi yang membanggakan dengan menjadi penduduk tetap di Rusia.

Perjalanan Ihsan, yang merupakan alumni dari High School Economic University Moscow (HSE University), salah satu universitas ternama dan unggulan di Rusia, menjadi cerita inspiratif bagi banyak orang.

Tahun 2020 menjadi titik balik dalam perjalanan Ihsan, dimulai dengan menerima beasiswa dari pemerintah Rusia untuk studi bahasa Rusia di Financial University Moscow, dan kemudian Master E- Commerce Business di HSE University Moscow. Pendidikan S2-nya berhasil diselesaikan dengan gemilang pada Juni 2023.

Sebelum berangkat ke Rusia, Ihsan sudah memiliki pengalaman internasional, bekerja di Kuala Lumpur, Malaysia selama 3 tahun dan di blibli.com Jakarta. Keberhasilannya bukan hanya sebatas akademik, tetapi juga dalam membangun karir profesional.

Pada akhir November 2023, Ihsan menjadi warga Asing pertama yang mendapatkan ВНЖ (Izin Tinggal Tetap) melalui Program TRPS (Temporary Residence Permit For Students) yang diluncurkan oleh pemerintah Rusia pada awal 2023.

Program ini memberi kesempatan bagi mahasiswa asing yang telah menyelesaikan studi di Rusia untuk menetap di negara tersebut.

Keuntungan dari status permanen ini tak hanya membebaskan Ihsan dari kebutuhan visa untuk masuk ke Rusia, tetapi juga memberikan kebebasan untuk bekerja dan membuka bisnis tanpa melepaskan kewarganegaraannya sebagai WNI.

Rencana Ihsan setelah mendapatkan izin tinggal tetap di Rusia adalah membuka bisnisnya sendiri, menghubungkan Rusia dan Indonesia dalam bisnis dan budaya. Kisah Ihsan ini membuka lembaran baru bagi hubungan kedua negara dan menjadi inspirasi bagi banyak pemuda Indonesia untuk mengejar mimpi mereka, bahkan di luar negeri. (Red)

Instagram @ihsannudin07

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *