Menjaga Stabilitas Harga Beras di Lubuklinggau Polres Lubuklinggau Bersama Pj . Walikota dan Unsur Forkopimda Salurkan Bantuan Pangan

Uncategorized

koranpotensi.com Lubuk Linggau – Pada hari Rabu tanggal 24 Januari 2024, di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Taba Pingin, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan II, Kota Lubuk Linggau, dilaksanakan kegiatan penyaluran bantuan pangan berupa beras dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahap I. Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi untuk menjaga stabilitas harga beras di wilayah tersebut.

 

Pj. Walikota Lubuk Linggau, H. Trisko Defriyansah, membuka secara resmi kegiatan launching penyaluran bantuan pangan ini.

 

Polri dalam hal ini polres Lubuk Linggau sepenuhnya mensupport kegiatan ini, terlihat Kapolres Lubuk Linggau AKBP Indra Arya Yudha yang diwakili oleh Wakapolres Lubuk Linggau Kompol H. Asep Supriyadi hadir di tengah-tengah kegiatan. Hadir juga Kepala Pos Lubuk Linggau, Tri Ibrahim. Dandim 0406 LLG diwakilkan oleh Kasdim Lubuk Linggau MAYOR INF. Nur Sigit Prasetya. Kapolsek Lubuk linggau Selatan I, AKP Nyoman Sutrisna. Kasubsektor Lubuklinggau Selatan, IPDA Soekijo. Para Kepala Dinas Kota Lubuk Linggau. Para Camat Kota Lubuk Linggau. Para TKSK ( Tenaga Kesejahteraan Sukarela Kecamatan ) dan Perwakilan warga yang menerima Bantuan Pangan

 

Dalam sambutannya, Kepala Bulog KCP Lubuk Linggau, Aprila Wiguna, menyampaikan bahwa program bantuan pangan ini merupakan tugas dari pemerintah kepada Bulog melalui Badan Pangan Nasional. Tujuan utamanya adalah membantu masyarakat Kota Lubuk Linggau dengan menyediakan kebutuhan pokok beras. “Kami harapkan hal ini dapat berkontribusi positif untuk menstabilisasi harga beras di pasaran,” ungkap Aprila Wiguna.

 

Wakapolres Lubuk Linggau, Kompol H. Asep Supriyadi, menegaskan bahwa Polres Lubuk Linggau sepenuhnya mendukung kegiatan penyaluran bantuan pangan ini sebagai bagian dari upaya menjaga stabilitas harga beras. “Kami berkomitmen untuk mendukung setiap program yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Asep Supriyadi.

 

Pj. Walikota Lubuk Linggau, H. Trisko Defriyansah, menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini. Ia menjelaskan bahwa penyaluran bantuan pangan ini merupakan langkah nyata dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat, khususnya beras sebagai pangan pokok. “Saya harapkan bantuan ini dapat sampai kepada masyarakat yang membutuhkan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

 

Giat pemberian bantuan bahan pangan berupa beras tersebut akan dilaksanakan oleh Badan Pangan Nasional (BAPANAS) melalui Perum Bulog KCP Lubuk Linggau dan didistribusikan oleh PT. POS INDONESIA. Bantuan ini akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu di delapan kecamatan yang berada di Kota Lubuk Linggau.

 

Jumlah penerima bantuan pangan (PBP) sebanyak 20.446 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di Kota Lubuk Linggau. Bantuan yang disalurkan berupa beras sebanyak 10 kg per KPM/KK (Kepala Keluarga).

 

Adapun jumlah Penerima Bantuan Pangan ( PBP ) berupa beras 10 Kg per KPM / KK dari Pemerintah yang akan di bagikan kepada Masyarakat yang menerima Sembako Beras dari Badan Pangan Nasional (BAPANAS) di 8 ( delapan ) Kecamatan yang ada di Kota Lubuk Linggau adalah sebagai berikut.:

a. Kecamatan Lubuk Linggau Selatan I Sebanyak 1.957 PBP / KK.

b. Kecamatan Lubuk Linggau Selatan II sebanyak 2.398 PBP/ KK.

c.Kecamatan Lubuk Linggau Barat I Sebanyak 3.150 PBP / KK.

d. Kecamatan Lubuk Linggau Barat II.

Sebanyak 1.920 PBP / KK.

e. Kecamatan Lubuk Linggau Timur I. Sebanyak 1.902 PBP / KK.

f. Kecamatan Lubuk Linggau Timur II. Sebanyak 3.242 PBP / KK.

g. Kecamatan Lubuk Linggau Utara I. Sebanyak 2.456 PBP / KK.

h. Kecamatan Lubuk Linggau Utara II. Sebanyak 3.421 PBP / KK.

 

Sedangkan untuk Jumlah Beras yang akan diterima oleh 8 ( Delapan ) Kecamatan di Kota Lubuk Linggau adalah sebagai Berikut. :

a. Kecamatan Lubuk Linggau Selatan I Sebanyak 19.570 Kg.

b. Kecamatan Lubuk Linggau Selatan II sebanyak 23.980Kg.

c. Kecamatan Lubuk Linggau Barat I Sebanyak 31.500 Kg.

d. Kecamatan Lubuk Linggau Barat II.

Sebanyak 19.200 Kg.

e. Kecamatan Lubuk Linggau Timur I. Sebanyak 19.020 Kg.

f. Kecamatan Lubuk Linggau Timur II. Sebanyak 32.420 Kg.

h. Kecamatan Lubuk Linggau Utara I. Sebanyak 24.560 Kg.

i. Kecamatan Lubuk Linggau Utara II. Sebanyak 34.210 Kg.

 

Selain penyaluran bantuan pangan, kegiatan ini juga menjadi wujud sinergi antara pemerintah, aparat kepolisian, TNI, dan instansi terkait untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga beras di Kota Lubuk Linggau.(hms

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *