Polres Musirawas bersama Dandim 0406 pimpin Ratusan Personel Gabungan, Siap Kawal dan Sukseskan Pemilu 2024

Uncategorized

koranpotensi.com Musi Rawas-Ratusan personel gabungan akan ditugaskan melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), diwilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura), Dalam Rangka Mensukseskan Pemilu Tahun 2024.

 

Hal tersebut disampaikan oleh, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, didampingi, Dandim 0406/Lubuklinggau, Letkol Inf Kunto Adi Setiawan SE, M. Han, usai memimpin pelaksanaan apel Pergeseran Personel Pengamanan TPS di Wilayah Polres Mura Dalam Pemilu Tahun 2024, dihalaman Mapolres Mura, sekitar pukul 08.00 WIB, Minggu (11/2/2024).

 

Saat dimintai keterangan turut mendampingi, Wakapolres, Kompol M Harsono SH, Kabag Ops, Kompol Toni Saputra SIK, Kabag SDM, Kompol Eddy Putra Jaya, Kabag Ren, Kompol Diaz Oktora, Kasat Reskrim, AKP Herman Junaidi SH, Kasat Narkoba, AKP M Romi, Kasi Humas, AKP Herdiansyah dan Kasi Propam, Iptu Susilo.

 

“Hari ini kita, Polres Mura bersama dengan Kodim 0406 Lubuklinggau, Pemda Mura meliputi Kepala OPD terkait, KPUD Mura, Bawaslu Mura dan Batalyon B Pelopor Petanang Satuan Brimob Polda Sumsel, melaksanakan apel Pergeseran Personel Pengamanan TPS diwilayah Polres Mura Dalam Pemilu Tahun 2024,” kata Kapolres

 

Kapolres menjelaskan, sedikitnya ada 499 personel gabungan terlibat dalam pengamanan TPS diwilayah Polres Mura Dalam Pemilu Tahun 2024.

 

499 personel gabungan tersebut meliputi, 355 personel Polres Mura, 30 personel Kodim 0406/Lubuklinggau, 60 personel Batalyon B Pelopor Petanang Satuan Brimob Polda Sumsel, 54 personel Sat Samapta Polda Sumsel.

 

Kemudian, untuk jumlah keseluruhan TPS di Kabupaten Mura, berjumlah 1.194 TPS dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), berdasarkan rapat hasil Pleno berjumlah 303.355 DPT.

 

“Namun, 335 personel Polres Mura beserta Kodim 0406/Lubuklinggau, langsung standby dilokasi PPK hingga TPS, kemudian untuk personel Brimob standby di Markas Brimob Petanang,” jelas Kapolres

 

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, mengenai teknis pengamanan sendiri, mulai hari ini masa tenang yakni mulai tanggal, 11, 12 dan 13, kemudian nanti kita wajibkan H-1, personel Polres Mura sebanyak 355 personel ini, sudah berada di desa ataupun di seputaran TPS masing-masing.

 

Lalu, nanti dalam teknik pengamanannya saat hari H, kita sudah sampaikan kepada personel dibantu dengan Linmas dibantu rekan-rekan TNI (Bhabinsa), yang ada di lapangan.

 

“Dan, saya tekankan, tugas kita (Personel), kita cuma berada di luar TPS, kita tidak diperkenankan untuk mengikuti teknis dalam saat pelaksanaan pemilihan, kita hanya melakukan pengamanan bersama dengan TNI,” tegas suami Ny Meita Andi Supriadi

 

Kapolres juga menambahkan, untuk diketahui untuk situasi TPS digolongkan menjadi tiga kategori diantaranya, tidak rawan, rawan dan sangat rawan.

 

Khusus sangat rawan, kita telah membagi dua personel untuk satu TPS, kemudian dibantu dengan linmas, dan diketahui ada 8 TPS yang ada di Kabupaten Mura, salah satu contoh di Dusun Sri Pengantin, Desa Pasenan, Kecamatan STL Ulu Terawas, akan kita geser personel pada saat H-1, sudah di sana bahkan termasuk distribusi logistik itu sudah kita geser.

 

“Karena lokasinya harus melewati air (sungai), itu salah satu teknik saat pengamanannya dan dua personel berada dilapangan beserta dengan linmas disetiap TPS,” tuturnya

 

Dan diketahui, ada juga tujuh didesa di Kecamatan Muara Lakitan, diantaranya, Desa Mukti Karya, Bumi Makmur Jaya, Lubuk Pandan, Pian Raya, Pelita Jaya, Semangus Lama dan Sindang Laya.(nn)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *